Blog Smata Academy

Diposting : 30 September 2021
5 Pekerjaan Dengan Gaji Yang Menjanjikan Di Dunia Digital Marketing

5 Pekerjaan Dengan Gaji Yang Menjanjikan Di Dunia Digital Marketing

Dunia digital sudah berkembang secara pesat sejak beberapa tahun belakangan ini. Karena kemudahan yang ditawarkan dalam melakukan pemasaran digital, mau tidak mau banyak sektor kehidupan yang beralih di dunia digital. Di bidang digital marketing sendiri, pekerjaan baru yang berhubungan dengan pemasaran digital mulai bermunculan. Profesi yang baru lahir ini sangat menjanjikan jika dilihat dari gaji, mengingat profesional di dunia digital saat ini belum banyak.

Gaji PNS yang saat ini dianggap menjadi patokan mapan seseorang, jadi terlihat kecil jika dibandingkan dengan penghasilan orang-orang yang bekerja di dunia digital marketing. Seberapa menjanjikan penghasilan para profesional yang menawarkan jasa di dunia digital marketing? Simak ulasan dibawah ini.

1. Search Engine Optimization Manager (SEO)

Pekerjaan ini berfokus pada optimasi mesin pencari. Hal yang relevan dengan SEO adalah optimasi kata kunci di website. Tugas utama manager SEO adalah meningkatkan posisi keyword yang ditargetkan oleh website agar masuk ke halaman 1 mesin pencari agar mendatangkan trafik yang lebih tinggi. Secara rinci, tugas SEO manager dimulai dari merencanakan strategi SEO, research keyword yang tepat untuk dioptimasi, membuat konten artikel inti/moneysite, link building untuk seo off-page, dan masih banyak lagi. Harga pasaran sebuah project seo beragam, bisa mulai dari Rp 10-100 juta per projectnya.

2. Social Media Strategist

Seorang Sosmed Strategist bertugas untuk mengelola media sosial perusahaan dan merencakan strategi pengelolaan sosmed. Social media strategist akan bekerja sama dengan copywriter dan desainer agar akun media sosial perusahaan bisa berjalan secara aktual. Seorang media social stategist biasanya mengerjakan per proyek. Estimasi penghasilan seorang sosmed strategist bisa berkisar antara Rp 5 sampai 25 juta per bulan.

3. Freelancer

Freelance adalah jenis pekerja lepas yang tidak terikat dengan kontrak maupun sebagai karyawan perusahaan. Mereka akan direkrut untuk mengerjakan proyek saja. Freelancer terbagi menjadi beberapa jenis. Ada yang menjadi content writer, copywriter, designer, video editor, dan masih banyak lagi. Penghasilan mereka tentu bergantung pada seberapa proyek yang mereka kerjakan. Namun estimasi pendapatan seorang freelancer bisa berkisar pada angka Rp 10-30 juta per bulannya, sekali lagi kembali ke seberapa proyek yang mereka kerjakan.

4. Data analyst

Seorang data analyst akan lebih banyak berkutat pada angka. Biasanya seorang data analyst akan mendapatkan laporan berupa angka, entah angka penjualan maupun angka kunjungan trafik ke suatu website, kemudian angka tersebut akan diubah menjadi data yang bisa dipahami oleh managemen atau atasannya. Karena membutuhkan ketelitian yang tinggi, seorang data analyst bisa mendapatkan Rp 5-20 juta. Jika bekerja di perusahaan internasional, bisa saja angka yang didapatkan lebih tinggi.

5. Software & Website Developer

Jenis pekerjaan yang lebih spesifik adalah software developer, applications developer, website programmer, dan lain lain yang berhubungan dengan coding. Coding juga merupakan salah satu pekerjaan yang membutuhkan ketelitian tinggi. Salah kode 1 baris saja, proyek yang sedang dibuat tidak akan bisa jalan. Oleh karena itu seorang developer bisa mendapat gaji Rp 5-20 juta per bulannya.

Beberapa pekerjaan diatas bisa kamu kuasai asalkan kamu memiliki minat belajar di bidang tersebut. Untuk menguasai bidang pekerjaan diatas, kamu bisa memulainya dengan belajar bisnis digital. Salah satu kampus yang menawarkan program pendidikan bisnis digital adalah di SMATA Academy. SMATA sudah menghasilkan alumni yang sekarang bekerja di bidang digital marketing and bussiness. Tunggu apa lagi? Raih suksesmu bersama SMATA.

Bagikan Tulisan Blog Ini :

Komentar


Tulisan Blog Lainnya

Whatsapp
SEDANG MEMPROSES ...